Memahami Pencucian Uang


Memahami Pencucian Uang

Apa yang dimaksud dengan pencucian uang :

adalah perbuatan memindahkan uang hasil suatu kejahatan kedalam suatu transaksi dengan tujuan uang yang dihasilkan dari transaksi tersebut menjadi bersih tidak tampak langsung uang dari hasil suatu kejahatan

Contohnya suatu kejahatan ?

Contohnya, kejahatan asal adalah korupsi uang hasil korupsi tersebut digunakan sebagai penyertaan modal di suatu perusahaan, kemudian saham perusahaan tersebut dijual kepada pihak lain dengan harga diskon maka hasil penjualan tersebut akan tampak seperti transaksi biasa. Adapun jenis kejahatan lainnya bisa dilihat di UU no 8 th 2010 tentang TPPU

Apakah pelaku pencucian keuangan bisa dilacak jejaknya :

Follow the money, seluruh aliran uang dalam sistem perbankan dapat dimonitor sehingga akan diketahui setelah tdilakukan analisa oleh PPATK apakah aliran uang itu berupa pencucian uang atau bukan.

Artinya kalau menggunakan uang tunai tidak terlacak ?

Seringkali kita mendengar para koruptor dalam melakukan aksinya menggunakan uang tunai baik berupa mata uang rupiah maupun mata uang asing, namun demikian manakala uang tersebut masuk ke sistem perbankan maka segera diketahui jejaknya.

Idealnya nilai transaksi diatas 50 juta tidak boleh menggunakan uang tunai harus melalui mekanisme perbankan sehingga mempersempit ruang gerak para pelaku pencucian uang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s