Gadai syariah


20121205-214135.jpgMenggadaikan Emas tepatnya seperti apa

SYARIAHRADIO

Masyarakat sekarang sudah memahami bahwa membeli emas juga merupakan investasi, pada masa lalu emas digunakan sebagai mata uang dan perhiasan, sekarang emas sudah menjadi komoditas sehingga harganya berfluktuasi.

Emas bisa kita simpan di rumah maupun ditempat boks penyimpanan di bank maupun disimpan dalam bentuk digadaikan. Penyimpanan emas diperlukan tempat yang aman dan memerlukan biaya apabila masih dapat digenggam satu genggaman bisa disimpan di lemari di rumah.

Menggadaikan atau Rahn adalah sesuatu kegiatan muamalah yang dibolehkan oleh Islam. Untuk menggadaikan emas kita lihat dulu referensi Al Qur’an dan Hadits. Landasan Firman Allah SWT :

وَإِن كُنتُمْ عَلَىٰ سَفَرٍ وَلَمْ تَجِدُوا كَاتِبًا فَرِهَانٌ مَّقْبُوضَةٌ فَإِنْ أَمِنَ بَعْضُكُم بَعْضًا فَلْيُؤَدِّ الَّذِي اؤْتُمِنَ أَمَانَتَهُ وَلْيَتَّقِ اللَّهَ رَبَّهُ وَلَا تَكْتُمُوا الشَّهَادَةَ وَمَن يَكْتُمْهَا فَإِنَّهُ آثِمٌ قَلْبُهُ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ

Jika kamu dalam perjalanan (dan bermu’amalah tidak secara tunai) sedang kamu tidak memperoleh seorang penulis, maka hendaklah ada barang tanggungan yang dipegang (oleh yang berpiutang). Akan tetapi jika sebagian kamu mempercayai sebagian yang lain, maka hendaklah yang dipercayai itu menunaikan amanatnya (hutangnya) dan hendaklah ia bertakwa kepada Allah Tuhannya; dan janganlah kamu (para saksi) menyembunyikan persaksian. Dan barangsiapa yang menyembunyikannya, maka sesungguhnya ia adalah orang yang berdosa hatinya; dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Hadits :

Dari Aisyah r.a sesungguhnya Rasulullah pernah membeli makanan dari seorang Yahudi dengan menjadikan baju besi sebagai barang jaminan (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah SAW bersabda “tidak terlepas kepemilikan barang gadai dari pemilik yang menggadaikannya. Ia memperoleh manfaat dan menanggung resikonya (HR. Al Daruquthni dan Ibnu Majah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s