Bagaimana bentuk usaha untuk Mesjid


SYARIAHRADIO

Tanya: Dalam rangka pengembangan mesjid dan memenuhi kebutuhan warga sekitarnya, apakah Mesjid bisa mengembangkan usaha kedalam bentuk toko yang pada dasarnya memenuhi kebutuhan warga, atau usaha untuk penyewaan ruangan atau lahan ?

Jawab: Darimana sumber modalnya ? Apabila bersumber dari Mesjid yang asalnya dari infak perlu ditegaskan bahwa hal tersebut tidak dapat digunakan untuk usaha.

Tanya: lebih jelasnya seperti apa ?

Jawab: membuka toko itu adalah usaha dan usaha itu ada untung dan ada rugi dan usaha itu harus ada pemilik modalnya, jadi apabila untuk buka usaha toko itu menggunakan uang mesjid, uang itu tidak ada pemiliknya secara individual karena sudah berupa infak yang digunakan untuk keperluan mesjid itu sendiri, dan mesjid bukanlah institusi untuk usaha atau bisnis yang dapat berakibat untung dan rugi.

Tanya: boleh tidak apabila usaha untuk mesjid itu modalnya berawal dari pinjaman ?

Jawab: intinya usaha itu harus ada pemiliknya, dalam hal ini toko itu merupakan institusi usaha yang apabila modal awal pinjam, akad pinjamnya harus jelas, siapa yang meminjamkan dan siapa yang menerima pinjaman. Kesimpulannya adalah mesjid tidak dapat membuka usaha toko atau usaha lainnya yang berkaitan dengan bisnis yang dapat berakibat untung dan rugi.

Tanya: adakah solusi lain apabila mesjid membutuhkan dana ?

Jawab: kebutuhan dana Mesjid itu datangnya dari masyarakat dalam bentuk infak, sementara itu apabila ada ruangan atau lahan yang dapat dipergunakan oleh warga maka akadnya adalah bukan menyewakan tetapi infak yang tidak ada tarifnya, jadi Mesjid itu tempat ibadah dan menjadi tempat sosial bagi warga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s