Mengelola Teman


20121211-223619.jpgSYARIAHRADIO

Setelah sekian tahun bahkan bisa jadi puluhan tahun tidak berjumpa teman-teman sekolahan SD sd Kuliahan kemudian bertemu dalam ajang silaturahmi reuni sekolahan.

Pertama-tama senang dan suka cita bertemu teman lama yang tidak pernah berjumpa lama sekali dan sudah banyak berubah secara fisik, bahkan kita sama sekali tidak mengenalnya sampai-sampai perlu ditulis namanya sendiri di tanda pengenalmyang ditempel di baju.

Tidak semua teman-teman itu dalam keadaan kondisi aman sejahtera makmur tentram sentausa banyak yang terkena kesusahan kemalangan dalam kondisi pengagguran dan kehilangan pekerjaan tidak sedikit pula kehancuran rumah tangga.

Menyikapi teman-teman dahulu yang periang dan sekarang jauh berubah beberapa kiat-kiat yang mungkin bisa membantu :

1. Biasanya saling mencatat no HP dan no Pin BB
2.Kelompokan atau beri tanda dalam daftar nama HP atau Pin BB berdasarkan sekolah dahulu.
3. Biasanya setelah reuni minta bertemu, pastikan agendanya hanya silaturahmi.
4. Apabila teman sudah menyinggung usaha dan butuh partner atau kerjasama atau perlu uang modal kerja atau usaha yg kurang atau tdk dipahami maka segera waspada dan bilang akan dipelajari terlebih dahulu.
5. Apabila teman tiba-tiba memberikan uang tanpa diminta dan tanpa sebab apapun maka tolaklah secara halus bahwa saat ini sedang tdk atau belum membutuhkan uang sebaiknya diberikan kepada yg lebih memerlukannya.
6. Apabila teman menagih tawaran kerjasamanya secara bertubi tubi kalau mau menolaknya katakan bahwa anda sedang sibuk saat ini.
7. Biasanya teman meminta uang dengan mengatakan keluarga butuh sekolah pengobatan, kontrakan habis dan sejenisnya, maka berikan sebagai infak semampunya dan doakan agar diberikan kemudahan.
8. Cek kondisi dan karakter teman yg sudah lama tdk bertemu itu ke teman lainnya untuk mengetahui latar belakangnya agar bisa memahaminya lebih jauh.
9. Akhirnya teman adalah teman, pilihlah teman yg membawa kebaikan dunia akhirat dan karena Allah Ta’ala.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s