Tiga Golongan Orang yang Tidak Dipedulikan Allah

Sangat perlu kita ketahui beberapa perkara agar tidak termasuk golongan yang tidak dipedulikan oleh Allah, perkara-perkara tersebut mungkin kita melihat atau mendengar disekeliling kita dan kita patut untuk saling mengingatkan perihal ini.

Dari Abu Dzar r.a, dari Nabi SAW, sabdanya:”Ada tiga golongan, dimana Allah tidak akan bercakap dengan mereka pada hari kiamat. Mereka ialah : 1. Orang yang suka memberi, tetapi suka menyebut-nyebut pemberiannya itu. 2. Orang yang menawar-nawarkan dagangannya dengan sumpah palsu. 3. Orang yang suka berpakain berjela-jela karena sangat luasnya. (HR. Muslim no 83)

Catatan untuk yang ketiga, pakaian bangsa Arab ialah semacam jubah. Ada orang yang suka berpakaian dalam sampai menyapu tanah, untuk menunjukkan dirinya orang kaya atau bangsawan tinggi. Karena itu mereka bangga dengan pakaiannya yang dalam. Rasulullah SAW melarang berpakaian demikian karena yang seperti itu adalah salah satu bentuk kesombongan.

Dari Abu Hurairah r.a, katanya Rasulullah SAW bersabda : ” Ada tiga golongan , dimana Allah tidak akan bercakap kepada mereka, tidak membersihkan mereka daripada dosa, – Kata Mu’awiyah, juga tidak akan menengok kepada mereka, bahkan mereka mendapat siksa yang pedih : 1. Orang tua pezina, 2. Penguasa pembohong, 3. Si miskin yang sombong.(HR. Muslim no 84)

Demikian mudah-mudahkan kita terjauh dari golongan-golongan sebagaimana dimaksud dalam Hadits tersebut diatas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s