Sering Bepergian Dengan Kendaraan-Berdoalah

SYARIAHRADIO

Pada masa sekarang bepergian dari suatu tempat ke tempat lain menjadi sangat mudah, waktu tempuh jarak jauh sudah dapat diperpendek dibanding dengan masa sebelum abad 20, alat transportasi sangat bervariasi dimulai dari tenaga hewan, tenaga manusia sampai dengan tenaga mesin, dari kuda, sepeda, beca sampai ke pesawat terbang.

Dari sejak 1400 tahun lalu Rasulullah SAW telah mengajarkan kepada kita untuk senantiasa berdoa kepada Allah SWT tatkala bepergian dengan alat transportasi, Intinya semua alat transportasi itu berjalan diluar kemampuan manusia untuk menjaganya dalam menghadapi situasi apapun dalam perjalanan hanya kepada Allah SWT segala sesuatunya bergantung. Baik perjalanan air apakah itu sungai maupun laut, perjalanan darat dan perjalanan udara.

“Dari Ibnu Umar ra. bahwasanya apabila Rasulullah SAW menaiki untanya untuk keluar bepergian, beliau mengucapkan takbir tiga kali dan berdoa : (yang artinya) Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada Mu kebaikan, takwa dan amal yang Engkau ridhai dalam kepergian kami ini. Ya Allah, mudahkanlah segala urusan dalam kepergian kami ini dan pendekkanlah jarak dari jauhnya kepergian dan pengganti bagi keuluarga yang kami tinggalkan. Ya Allah sesunggunya aku belindung diri kepada Mu dari kesukaran dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan dan buruknya tempat kembali, baik bagi harta maupun keluarga kami. Dan apabila Rasulullah SAW hendak pulang, beliau juga membaca doa tersebut dengan diberi tambahan : AAYIBUUNA TAA’IBUUNA’AABUDUUNA LIRABBINAA HAAMIDUUN (Kami adalah orang yang siap untuk pulang, kami adalah orang yang bertobat beribadah dan memuji kepada Tuhan kami) HR Muslim.

Do’a ini tercantum dalam hadits shahih riwayat Imam Muslim :2392,

أللهُ أَكْبَرُ, أللهُ أَكْبَرُ, أللهُ أَكْبَرُ. سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنْ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِي الأَهْلِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ
مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالأََهْلِ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s