Satelit Militer melihat dunia dari luar bumi

imageSYARIAHRADIO

Awal minggu bulan ini sebuah musibah penerbangan komersial Malaysia airline dari Kuala Lumpur ke Beijing hilang dari pantauan radar, dan dari penelitian lebih lanjut ternyata setelah hilang tersebut masih terbang selama lima jam ke arah selatan. Pencarian dibantu oleh beberapa negara baik secara fisik mencari melalui jelajah kapal laut maupun udara, termasuk pencarian lewat rekaman radar dan satelit.

Mengenai satelit, maka yang paling canggih adalah dimiliki atau untuk kepentingan militer, namun kecanggihan tersebut tidak memainkan peranan dalam pencarian pesawat yang hilang, atau mungkin kita terlalu tinggi ekspektasi bahwa satelit militer bisa membacanya tetapi tidak mau mengatakannya.

Apa saja kemampuan satelit militer, sesuai penamaan dan jenisnya maka tentunya untuk kepentingan militer tetapi bisa juga digunakan untuk riset ilmu pengetahuan. Misi utama satelit militer umumnya untuk kepentingan intelejen, untuk memandu navigasi militer, juga untuk komunikasi militer, pernah pula awalnya satelit militer digunakan sebagai senjata namun sejak tahun 1967 diratifikasi pelarangan penggunaan persenjataan satelit. Tahun lalu diatas orbit bumi ini ada sekitar 950 satelit, tetapi berapa jumlah untuk kepentingan militer sangat sulit diketahui publik karena umumnya satelit untuk keperluan navigasi GPS tetapi sebagian fungsinya untk kepentingan militer.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s