Hutang Gali Lubang Tutup Lubang

20140205-154549.jpg

SYARIAHRADIO,

Bijak dalam mengelola hutang serta setiap kali mengajukan hutang baru, agar terhindar dari permasalahan yang pelik dikemudian hari, hutang dibawa mati harus dilunasi dan harus ada yang menanggung untuk melunasinya. Maka dengan demikian harus diprioritaskan mengajukan hutang untuk hanya semata-mata keperluan yang bersifat sangat diperlukan dan harus ada sumber yang digunakan untuk melunasinya.

Misalkan untuk keperluan makan dengan cara meminjam uang maka pada saat itu juga sudah menjadi salah satu asnaf yang berhak untuk mendapatkan zakat, juga karena hutang tersebut masuk sebagai kategori salah satu asnaf.

Penting pula diperhatikan hutang digunakan untuk keperluan papan alias tempat tinggal, pertama-tama sewa tempat tinggal juga tidak masalah kalau untuk tinggal sementara waktu di sekitar itu, tetapi apabila dalam waktu yang lama, misalkan memiliki mata pencaharian disitu sekaligus menyekolahkan anak setidaknya 12 tahun sejak dari kelas satu SD, maka uang sebesar sewa itu bisa digunakan untuk mengangsur pembelian rumah.

Berhutang untuk pembelian rumah gunakan selalu lembaga keuangan syariah, baik perbankan maupun multi finance.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s