Semua Informasi Bermuara ke Ekonomi

SYARIAHRADIO

Dalam era informasi seperti sekarang ini betapa penting dan berharganya suatu informasi, siapa yang ketinggalan informasi maka bisa jadi ketinggalan dengan kata lain siapa yang menguasai informasi maka dialah yang didepan. Tidak heran beberapa negara maju melakukan penyadapan karena mereka membutuhkan informasi lebih awal dan terdepan.

Apapun yang dilakukan dan direncanakan oleh Pemerintah suatu negara akan direspon oleh pelaku ekonomi sedemikian rupa sehingga terjadilah yang dinamakan fluktuasi harga walaupun fluktuasi ini bukan satu-satunya diakibatkan oleh kebijakan Pemerintah, demikian juga apa yang dilakukan dan direncanakan oleh pelaku ekonomi yang berkapitalisasi besar akan juga direspon secara cepat oleh para pelaku pasar.

Kecepatan informasi ini bagi pelaku pasar merupakan modal untuk mendapatkan posisi keuntungan yang lebih besar, maka tidak heran siapa yang melakukan insider information adalah perilaku tidak fair dan harus dihukum.

Demikian juga dalam transaksi secara syar’i bahwa tidak boleh menjual sesuatu yang calon pembelinya buta mengenai informasi karena ini tidak adil, juga yang melandasi transaksi adalah adil dan jujur, sehingga insider information pun bisa dikategorikan perbuatan tidak jujur dan tidak adil.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s