Batasi Garam Dalam Makanan

SYARIAHRADIO

Hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan secara variasi dan tidak berlebihan, prinsip makanan halalan thoyiban selain makanan harus halal juga harus baik. Tahun ini Badan Kesehatan Dunia WHO melancarkan program diet konsumsi garam bagi dewasa maksimal 5 gram per hari. Selain itu WHO juga menyarankan pengurangan konsumsi Potasium dan Sodium. Potasium dibatasi 3.510mg per hari dan Sodium 2.000mg per hari.

Sodium secara alamiah terdapat pada makanan susu (50 mg sodium per 100 gram) dan telur (80mg per 100gram), juga terdapat di makanan yang diproses seperti roti (250mg per 100gram), makanan snek (1.500mg per 100gram), kecap (7.000mg per 100 gram).

Sedangkan makanan yang kaya Potasium adalah kacang (1.300mg per 100 gram), sayuran (550mg per 100 gram), buah-buahan Pisang, Pepaya, Kurma (300mg per 100 gram).

Kebanyakan orang mengkonsumsi Sodium lebih banyak dibanding Potasium serta mengkonsumsi garam berlebih sehingga memiliki resiko naiknya tekanan darah tinggi serta struk.

يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي الْأَرْضِ حَلَالًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ

Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu. (al Baqarah : 168)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s