Resesi global di depan mata ?

Hanya dalam hitungan hari ada ancaman Amerika Serikat akan mengalami default apabila Parelemennya tidak menyetujui peningkatan pagu pinjaman yang diajukan Pemerintah Obama yaitu pada tanggal 17 Oktober 2013, walaupun dampaknya akan buruk terhadap perekonomian namun pihak Pemerintah AS sendiri tidak berani membayangkan seberapa besar dampaknya apabila tidak disetujui dan benar-benar menjadi AS menjadi default yang belum pernah terjadi sepanjang sejarah.

Saat ini saja Pemerintah AS menghentikan sebagian kegiatannya melayani publik karena Parlemen tidak menyetujui anggaran belanja, ini telah berlangsung dan masuk ke minggu kedua tentunya rakyat AS merasa letih dengan situasi seperti ini.

Kembali ke masalah pagu pinjaman, saat ini AS memiliki hutang pinjaman per April 2013 sebesar USD16,805 trilyun atau 107% dari GDP, dari total hutang tersebut USD11,959 trilyun dimiliki publik sementara sisanya dimiliki pemerintah negara lain, Negara China merupakan kreditur terbesar.

Apabila tidak disetujui kongres maka Pemerintah AS harus memangkas belanja tahunan USD600 milyar atau setara 4% GDP maka angka ini cukup signifikan mengakibatkan resesi. Dengan demikian politik DN AS sedemikian berpengaruh terhadap perekonomian.

20131010-055708.jpg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s