Mesir dan Pemimpin Kuat

SYARIAHRADIO

Sejak Merdeka tahun 1922 Mesir telah mengalami perubahan bentuk negara dari asalnya kerajaan tigapuluh tahun kemudian berubah menjadi Republik. Ketika status protektorat berakhir Inggris mengakui kemerdekaan Mesir dan menjadi raja pertama adalah Fuad I yang masih dinasti Muhammad Ali Pasha tepatnya generasi ke sembilan.

Muhammad Ali Pasha adalah komandan militer Kesultanan Turki Utsmaniyah asal Albania yang mendapat restu dari Sultan Turki Utsmaniyah menjadi gubernur di Mesir dan Sudan.

Sejak awal Mesir dipimpin orang kuat pengalaman militer, ketika terjadi revolusi tahun 1952 yang dimotori oleh kolonel Gamal Abdul Naser dan Muhammad Najib seorang mayor jenderal menghantarkan perubahan bentuk negara menjadi Republik dan Muhammad Najib sebagai Presiden pertama.

Tahun 1954 Gamal Abdul Naser menjadi Presiden ke dua setelah menurunkan Presiden pertama Muhammad Najib dan ia ditahan selama 18 tahun. Tahun 1970 Presiden Gamal Abdul Naser wafat dan digantikan oleh wakil Presiden Anwar Sadat yang juga seorang militer yang ikut dalam revolusi 1952 ketika masih perwira muda.

Tahun 1981 Presiden Anwar Sadat terbunuh digantikan oleh Wakil Presiden Husni Mubarak seorang Marsekal Angkatan Udara. Husni Mubarak merupakan Presiden keempat yang menjabat paling lama sampai dengan tahun 2011. Presiden ke lima Mesir merupakan hasil Pemilu pertama secara demokratis terpilih yaitu Muhamad Mursi dari partai Ikhawnul Muslimin, dilantik Juni 2012.

Presiden Mursi diturunkan oleh Militer Jenderal Abdul Fatah al-Sisi dan ditahan pada awal Juli 2013, kemudian Jenderal Sisi menunjuk Adly Mansour Ketua Mahkamah Konstitusi sebagai Presiden Mesir.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s