Manajemen Mesjid yang Profesional

SYARIAHRADIO

Mesjid tidak hanya milik umat semata tetapi perlu dikelola dengan tata manajemen yang baik sehingga keberadaan Mesjid sesuai dengan peruntukan dan kebutuhan umat dalam rangka menunaikan kewajiban ibadah terutama sholat lima waktu.

Bagaimana manajemen mesjid yang profesioanal bisa terwujud ? Paling utama adalah pengetahuan mengenai ilmu Islam sendiri sebagai dasar pengetahuan dan kemampuan minimal bisa membaca Al-Qur’an wajib bagi setiap pengurus pengelola Mesjid, diperlukan organisasi yang memiliki ketua pengelola dan ada dewan pembina.

Dalam hal dewan pembina adalah biasanya para senior yang memiliki berbagai latar pendidikan maupun pengalaman serta faham dalam bidang agama, ketua dewan pembina tidak memiliki hak veto maupun hak untuk memerintah langsung kepada ketua pengelola mesjid, suara dewan pembina adalah suara kolegial.

Proses pemilihan dewan pembina diawali dari masyarakat atau jamaah Mesjid, selanjutnya pemilihan ketua pengelola oleh dewan pembina serta tim pengelola dipilih oleh pengelola.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s