Resiko Pemimpin di hari kemudian

SYARIAHRADIO

Kumpulan mahluk sosial dalam suatu kumpulan komunitas maupun dalam konteks bernegara atau berbangsa memerlukan seorang Pemimpin, sejarah memperlihatkan dari sejak awal peradaban manusia selalu ada seorang pemimpin yang memimpin bangsanya baik dalam strata kecil maupun besar.

Kita sering mendengar suku-suku bangsa yang dipimpin oleh para petinggi dan bangsawan serta diketuai oleh kepala suku. Pada umumnya tugas Pemimpin adalah melindungi dan mengayomi rakyatnya serta menjadi pemutus bagi permasalah sosial, Pemimpin sering diidentikan dengan kekuasaan, maka tidak aneh Pemimpin disebut juga Penguasa.

Sering kita mendengar “power tend to corrupt”, maka yang terjadi adalah Penguasa yang menyimpang dari ketentuan Allah Ta’ala Maha Penguasa Langit dan Bumi. Maka tatkala Penguasa menyimpang sebagaimana Fir’aun maka Allah Ta’ala memperlihatkan di bumi azab yang ditimpakan kepada Fir’aun dan bangsanya.

Para pengikut setia yang menyimpang karena setia kepada para Pemimpinnya pada hari akhir akan mendapatkan azab dan mereka meminta kepada Allah untuk juga menimpakan Azab kepada Pemimpin mereka dua kali lipat, sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam surat Al-Ahzab ayat 67 dan 68 :

وَقَالُوا رَبَّنَا إِنَّا أَطَعْنَا سَادَتَنَا وَكُبَرَاءَنَا فَأَضَلُّونَا السَّبِيلَا

Dan mereka berkata: “Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah mentaati pemimpin-pemimpin dan pembesar-pembesar kami, lalu mereka menyesatkan kami dari jalan (yang benar). (QS : al-Ahzab 33: 67)

رَبَّنَا آتِهِمْ ضِعْفَيْنِ مِنَ الْعَذَابِ وَالْعَنْهُمْ لَعْنًا كَبِيرًا

Ya Tuhan kami, timpakanlah kepada mereka azab dua kali lipat dan kutuklah mereka dengan kutukan yang besar”. (QS : al-Ahzab 33: 68)

One thought on “Resiko Pemimpin di hari kemudian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s