Suriah Menjadi Titik Konflik Global

SYARIAHRADIO

20130602-132520.jpgKonflik dalam negeri Suriah sudah lebih dari dua tahun sampai dengan saat ini belum terlihat titik terang penyelesaian. Ribuan bahkan ratusan ribu pengungsi belum dan tidak bisa kembali ke rumahnya karena perang yang tidak henti-hentinya memporak porandakan perkotaan, terutama kota Aleppo.

Pihak AS dan Turki serta Eropa mendukung pihak oposisi sementara Rusia dan China mendukung Pemerintah Suriah, Hizbullah Lebanon juga mendukung Pemerintah Suriah. Konflik menjadi runyam ketika Israel meluncurkan roket ke Suriah karena Hizbullah menurunkan persenjataan di Suriah, sementara oposisi Suriah meluncurkan roket ke markas Hizbullah di Lebanon.

20130602-132718.jpgMenurut laporan jpost, Rusia merencanakan memberi bantuan pesawat tempur MIG 29 kepada Suriah yang akan di kirimkan pada kwartal 2 tahun depan, sementara misil anti udara S-300 senilai $1 milyar dikabarkan telah tiba di Suriah walaupun Israel tidak yakin misil tersebut telah tiba, diperkirakan sebenarnya akan siap pada tengah tahun depan. Misil tersebut pesanan Suriah ke Rusia yang telah ditandatangani pada tahun 2010 sebelum pecah konflik. Israel cukup khawatir dengan S-300 karena daya jelajahnya sejauh 200 kilometer dapat menembak sasaran udara Israel wilayah utara.

20130602-132727.jpgPembicaraan penyelesaian damai jauh dari titik terang, ketika pohak koalisi oposisi Suriah tidak akan turut dalam pertemuan apabila Hizbullah bersikukuh mendukung dibelakang Pemerintah Suriah, saat ini lebih 1000 orang bersenjata telah diturunkan Hizbullah untuk membantu Suriah. Sementara Menlu AS dengan Jerman mengingatkan Rusia bahwa membantu persenjataan di Suriah akan merusak usaha penyelesaian perdamaian.

Sementara Duta Besar Inggris di Lebanon menyerukan pemerintah Lebanon untuk bersikap netral terhadap Suriah agar tidak memperkeruh konflik, tetapi Inggris siap membantu persenjataan kepada koalisi oposisi apabila pembicaraan damai gagal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s