Alat Bukti bisakah hilang ? Studi kasus Korupsi

SYARIAHRADIO

Kita sering mendengar dalam proses sengketa perdata maupun kasus pidana hilangnya barang bukti. Barang bukti merupakan pembuktian yang berbentuk fisik yang telah ditetapkan sebagai sarana bukti penyidikan, penuntutan dan peradilan, karena berbentuk fisik maka penghilangan bukti sangat rentan dengan berbagai modus penghilangan maupun penyamaran dan sejenisnya.

Sementara alat bukti adalah alat-alat yang digunakan untuk sarana bukti penyidikan, penuntutan dan peradilan yang berupa saksi-saksi, keterangan ahli, petunjuk dalam bentuk tulisan maupun dokumentasi, serta keterangan terdakwa.

Apakah alat bukti ini bisa hilang seperti barang bukti ? Apabila dilihat dari jenisnya maka secara tingkatan kemungkinan hilang maka alat bukti lebih rendah kemungkinan hilangnya dibanding barang bukti. Namun demikian tidak berarti tidak bisa hilang, maka pihak penyidik harus jeli untuk segera mengamankan alat bukti agar tidak segera hilang maupun luntur.

Modus hilangnya alat bukti di dalam perkara korupsi yang terutama adalah tidak mendapatkan kesaksian yang meyakinkan dari saksi dengan alasan lupa atau tidak ingat, tidak ada seorangpun keterangan ahli atau punya keahlian dalam bidang seluk beluk kejahatan korupsi, saksi maupun keterangan ahli tidak bisa didatangkan alias tidak bisa dihubungi maupun menghilang.

Tidak ada yang tidak bisa dalam memberantas korupsi walaupun kasus pencucian uang dari hasil korupsi hukuman yang dikenakan karena pencucian uang tidak akan diperkarakan korupsinya karena UU TPPU mengatakannya demikian, tetapi tetap saja harta hasil korupsi adalah barang fisik yang bisa digunakan sebagai barang bukti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s