Sejarah Perusahaan Asing merambah ke Negeri lain

Uang koin  VOC

Uang koin VOC

SYARIAHRADIO

Sejarah perusahaan asing datang ke Negeri tercinta ini, jauh sebelum Negara Republik Indonesia lahir.

Seiring revolusi industri di Eropa di abad pertengahan, banyak Negeri2 Eropa melakukan investasi bisnis di seluruh dunia.Kita lihat dari sejarah bahwa hampir semua investasi bisnis itu berakhir dengan penjajahan Negeri2 Eropa di seluruh dunia.

Latar belakangnya, Untuk mempertahankan investasinya perlu menguasai hulu atau sumber2 ekonomi sehingga munculah koloni2. Selanjutnya kemudian menjadi kolonialisme bentuk penjajahan terhadap sumber2 ekonomi yg ada di Bangsa lain. Perusahaan asing masuk ke tanah air dimulai sejak abad 17 saat itu perusahaan dagang Negeri Kincir angin merambah ke sini, perusahaan tersebut adlh VOC (Vereenigde Oost-Indische Compagnie) atau Perusahaan serikat timur hindia, kita menyebutnya Kumpeni. Saat itu VOC merupakan perusahaan perdagangan publik terbesar di dunia dengan armada ratusan kapal besar yg siap berlayar.

Yang khusus melakukan perdagangan di Asia sampai ke Australia. Berkantor pusat di Amsterdam Belanda. VOC mendominasi perdagangan rempah2 yg dibeli dari Nusantara utamanya dari Maluku, dan merupakan sumber pendapatan terbesar.

VOC oleh parlement Belanda diperbolehkan mempunyai pasukan dan persenjataan dan menjadi perusahaan monopoli perdagangan.Awalnya berdagang berakhir dengan penguasaan sumber daya, tanah maupun sumber daya manusianya.Batavia atau Jakarta skrg merupakan kantor pusat VOC perdagangan wilayah Asia.

Setelah 200th VOC ini akhirnya bangkrut juga di tahun 1800 dan seluruh aset pindah ke pemerintahan kolonial Hindia Belanda, mungkin pada saat itu dilakukan bailout oleh Pemerintah seperti krisis pada masa sekarang.

Kepala Pemerintahan kolonial Hindia Belanda yg berpusat di Batavia adalah Gubernur Jenderal yg diangkat kerajaan Belanda. Bangsa kita terjajah dan Negeri tercinta kita ini dulu dinamai oleh Belanda sbg Hindia Belanda yang berpusat di Batavia. Pemerintah kolonial Hindia Belanda mengatur tata sosial, ekonomi dan membolehkan perusahaan asing Negeri lain berinvestasi.

sumber : chirpstory @Binvestasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s