Influenza menyerang bisa menjadi pandemik

Tentara terserang Flue Spanyol, dirawat di Camp Funston, Kansas, 1920

Tentara terserang Flue Spanyol, dirawat di Camp Funston, Kansas, 1920

Influenza

SYARIAHRADIO

Sehari-hari kita mendengar orang bersin bersin kemudian hidung tersumbat karena kedinginan, apabila gejalanya kemudian demam dan batu, batuk maka secara umum terserang virus influenza atau biasa dikenal flue.

Istilah penyakit dinamakan influenza berasal dari bahasa Italia “influente” asalnya menamakan suatu penyakit yang dipengaruhi oleh ilmu perbintangan kemudian umumnya penyakit itu dinamakan influente dan pertama kali dimasukan kedalam ilmu penyakit dinamakan resmi sebagai influenza pada tahun 1703 oleh J. Hugger dari Universitas Edinburgh.

Pandemik terbesar pada tahun 1918 pada waktu itu influenza mewabah dan menginfeksi 500 juta orang seluruh dunia dan memakan korban 20-50 juta orang, saat itu penyakit flue ini dikenal flue Spanyol. Diduga penyebaran luar biasa ini disebabkan oleh tentara dalam perang dunia pertama, dimana tentara sendiri dalam keadaan daya tahan tubuh yang lemah sementara tentara bepergian ke belahan bumi lain sehingga secara cepat virus flue menyebar.

Data mengenai korban dan dampak dari flue di periode ini tidak terdata secara apik karena suasana perang dunia dimana masing-masing menutupi informasi meninggalnya tentara akibat penyakit flue, saat itu tentara Jerman lebih banyak yang meninggal dibanding tentara sekutu.

Bacaan terkait : virus H1N1 mengintai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s