Apa dan Bagaimana Dana Abadi

Ilustrasi

Ilustrasi

SYARIAHRADIO

Pernahkah mendengar dana abadi ? sesungguhnya tidak ada yang abadi dimuka bumi ini. Apabila dilihat dari tujuan bisa jadi telah dikenal di dunia Islam sebagai wakaf.

Kita lihat apa yang dimaksud dana abadi disini, dana abadi adalah dana yang dipupuk dikumpulkan dari berbagi pihak dalam rangka sumbangan sosial untuk sesuatu keperluan khusus seperti untuk pendidikan, pelestarian lingkungan hidup dan sebagainya.

Dana abadi yang ada saat ini berasal dari masyarakat untuk pendidikan dan kesejahteraan serta pelestarian lingkungan hidup, badan yang mengurusnya biasanya berupa yayasan atau ikatan alumni jika terkait dengan pendidikan.

Adapun pengelolaan Dana Abadi ini ada pula dikelola perusahaan Manajer Investasi yang telah mendapat ijin dari Bapepam LK (sekarang Otoritas Jasa Keuangan).

Ternyata selain pihak masyarakat Pemerintahpun membuat dana abadi untuk pendidikan dan dana abadi umat. Dana Pendidikan bersumber dari APBN yang dikumpulkan dengan saldo sebesar Rp11 trilyun akhir tahun 2012, sedangkan Dana Abadi Umat bersumber dari efisiensi penyelenggaraan haji.

Tata kelola Dana Abadi sangat penting agar tujuan pemanfaatan dari dana yang dipupuk tersebut mencapai tujuan, agar maslahat investasi dana abadi ditempatkan kepada instrumen syariah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s