Rusia punya UU anti adopsi anak oleh warga AS

SYARIAHRADIO

Rusia baru saja melahirkan Undang-undang tentang pelarangan adopsi anak-anak Rusia oleh orang Amerika, Undang-undang tersebut ditandatangani oleh Presiden Putin pada hari Jum’at lalu sehari setelah disetujui di Parlemen.

UU ini sebagai respon terhadap UU AS yang menjadikan Rusia sebagai target pelanggar HAM. UU yang ditandatangani Obama berlaku bulan ini mengenai pemberian sanksi terhadap orang Rusia pelanggar HAM.

UU anti adopsi akan efektif tanggal 1 Januari 2013 sementara menurut catatan hak Ombusman Anak Rusia bahwa saat ini terdapat 52 anak Rusia yang sudah siap-siap berangkat diadopsi oleh keluarga Amerika.

Masyarakat Rusia sebenarnya geram dengan kejadian di AS seorang anak adopsi Rusia yang meninggal dalam mobil sementara orang tua angkatnya dinyatakan bebas dari tuntutan hukum.

Berbeda dengan kebiasaan orang barat yang lebih menganut adopsi bagi anak-anak yatim sementara di Rusia secara kebiasaan orang Rusia kurang antusias untuk mengadopsi anak-anak yatim.

Dalam dua dekade ini kurang lebih 60 ribu anak Rusia telah diadposi oleh keluarga AS, sementara menurut UNICEF diperkirakan terdapat 18 ribu anak dalam daftar adopsi dan Amerika merupakan tujuan utama untuk mengadopsinya.

Sumber : http://arabnews.com/putin-signs-anti-us-adoptions-bill

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s