Jakarta langganan banjir

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

SYARIAHRADIO

Jakarta tahun 1920 an. Unknown source

Jakarta tahun 1920 an. Unknown source

Jakarta langganan banjir

Sejarah banjir kota Jakarta telah ada sejak dahulu kala, yang tercatat banjir besar terjadi di tahun 1699 kala itu masih bernama Batavia meluapnya sungai Ciliwung akibat meletusnya gunung Salak, kemudian di tahun 1714 akibat penggundulan hutan di kawasan puncak ( sekarang kawasan puncak sudah banyak bangunan), 1854 Batavia terendam setinggi satu meter, 1942 kanal banjir barat sudah selesai dibangun tetapi banjir masih tetap menghampiri Jakarta. Sejak itu setiap tahun Jakarta langganan banjir dan skala terdampak yang luas terjadi di tahun 1996, 2002, 2007 dan baru-baru ini 21 Desember 2012. Bedanya dulu penduduknya masih sedikit sekarang populasi kendaraanpun jutaan sehingga setiap turun hujan maka genangan air siap menjebak para pengendara kendaraan bermotor dan kemacetan dimana-mana tidak terhindarkan lagi.

Untuk mengendalikan mengalirnya air Ciliwung ke Jakarta maka muncul ide pembuatan kanal, ide itu dilansir sekitar tahun 1920 oleh Prof H Van Breen dengan tujuan mengalirkan ciliwung keluar Jakarta dan bermuara ke laut di Jakarta utara, selain itu untuk pengendalian air ciliwung yang masuk ke kota. Baru pada masa kemerdekaan tepatnya Desember 1973 mulai dibuat masterplan untuk kanal banjir, yaitu pengendalian dilakukan dengan dua kanal yaitu kanal banjir barat dan kanal banjir timur.

Adapun kondisi tanah di Jakarta sendiri ternyata terjadi penurunan, rata-rata penurunan sebanyak 20cm per 15 tahun, walaupun saat ini banjir yang melanda Jakarta bukan bersumber dari air laut namun secara matematis beberapa puluh tahun kedepan air lautpun akan menghampiri Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s