Saudi Penghasil Minyak Dunia terbesar

20121208-130040.jpg

SYARIAHRADIO

Sebagai suatu negeri yang diberikan kekayaan alam yang luar biasa oleh Allah swt memiliki cadangan minyak sebanyak 260 milyar barel. Produksi saat ini sekitar 8 juta barel per hari dan akan ditingkatkan menjadi 12 juta barel per hari. Walau bagaimanapun sumber energi ini tidak terbarukan sehingga secara hitungan cadangan minyak ini akan menciut dalam waktu 60 tahun.

Sebagai penghasil minyak dunia terbesar hampir seperempat supply minyak dunia sangat bergantung dari Saudi sehingga sangat berperan terhadap kestabilan ekonomi dunia dengan kata lain keseimbangan ekonomi saat ini kurang lebih ditopang dari supply dan demand minyak Saudi.

Meskipun menjadi exportir tetapi kebutuhan dalam Negeri di Saudipun meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk sebsar 21% sejak tahun 2000 dan pembangunan infrastruktur serta peningkatan ekonomi sehingga export menurun di tahun 2009 sebesar 16% karena kebutuhan Dalam Negeri yang harus dipenuhi.

Pembeli utama minyak Saudi adalah AS, Jepang dan Cina. Namun sejak krisis ekonomi 2008 sampai dengan sekarang permintaan minyak dunia tumbuh di Asia terutama Cina, Negara Timur Tengah serta Negara Amerika Latin.

Cina berencana untuk meningkatkan impor minyak mentah dari Saudi untuk tahun depan naik sebesar 11% sehingga menjadi 1,7juta barel per hari.

Mundur kebelakang awal kebangkitan industri minyak di Saudi Ketika tahun 1933 Raja Abdul Aziz memberikan kepada perusahaan AS Socal yg kemudian menjadi Chevron masuk ke industri minyak di Saudi. Kemudian di tahun 1940 an Socal masuk kedalam konsorsium minyak dan mendirikan Aramco atau Arabian American Oil Company. Pada tahun 1980 Aramco dimiliki penuh oleh Pemerintah Saudi dan berubah menjadi Saudi Aramco.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s