Gambar

Kembali ke Standar Emas

20121205-214135.jpg

SYARIAHRADIO

Sejak tahun lalu Pemerintah Cina memborong emas untuk devisa. Sejak Negeri beruang Panda itu mengalami pertumbuhan ekonomi yang luar biasa sehingga Cina merupakan pemegang dollar AS terbesar di dunia dan mereka menjualnya menjadi batangan emas.

Semenjak tahun 1971 mata uang dollar AS tidak lagi berbasis kepada emas dimana sebelumnya dollar dapat ditukar dengan $35 per ons emas dan sekarang harga emas berfluktuasi dengan dollar. Harga emas per gram saat ini berkisar di harga Rp577ribu sementara 10 tahun lalu harganya adalah Rp89ribu.

Dalam hal ini terlihat bahwa nilai mata uangnya sebenarnya yang turun dan terlihat harga emas yang naik, dimana-mana namanya emas 1 gram ya sama nilainya yaitu emas 1 gram. Pada masa lalu perdagangan antar benua di abad pertengahan mata uang yang digunakan adalah emas.

Pada masa kejayaan VOC sebagai perusahaan perdagangan internasional mereka menerbitkan mata uang emas bulat per 1kg dengan tulisan VOC dan tahun pencetakan emas tersebut sebagai mata uang dalam melakukan perdagangan rempah rempah dengan kesultanan di wilayah Indonesia.

Sekarang kepercayaan orang terhadap dollar AS memang sedang diuji, bahkan konglomerat AS Warren Buffet dan George Soros sudah memasuki investasi dengan memborong emas secara fisik.

Dengan demikian kekayaan negara dalam devisa yang riil itu adalah berapa banyak batangan emas dimiliki, Bank Indonesia memiliki cadangan emas sebesar 73,1 ton, sementara AS adalah memiliki cadangan emas terbesar yaitu sebanyak 8.133,5ton.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s