Selamat dalam Bisnis dan Usaha

SYARIAHRADIO Jakarta,

Apapun usaha bisnis anda, apakah itu skala kecil maupun besar, modal kecil ataupun besar, pas pasan maupun berkecukupan dari sisi keuangan. Tekanan usaha penjualan yang seret biaya yang tinggi dan hutang jatuh tempo adalah persoalan sehari-hari dari usaha yang dijalankan.

Maka tekanan demi tekanan yang dihadapi pasti الله berikan jalan keluar, masalahnya datang ketika ide buruk hinggap dikepala untuk berlaku dan bertindak mencari jalan keluar yang diluar jalur cenderung merugikan orang, dengan kata lain “kita boleh untung orang lain rugi biarin aja”.

Apabila ide buruk itu muncul maka segera jauhi dan hindari gunakan cara-cara yang tidak bertentangan dengan Syar’i, sesungguhnya paling utama adalah perilaku kejujuran dalam usaha sangat penting dan sangat dikedepankan.

Contoh yang paling umum kita jumpai di masyarakat umum adalah industri rumahan pembuatan makanan yang menggunakan bahan pewarna berbahaya, menggunakan bahan pengawet yang berbahaya, bahan perasa dan pelembut yang tidak halal dan kemasan yang tidak higienis. Seluruhnya ini memang memakan modal yang murah sehingga laku dijual dikalangan masyarakat bawah maupun anak-anak.

Contoh lainnya adalah penyebaran paku dijalan raya untuk tujuan penjualan ban dan usaha tambal ban semakin laku.

Contoh lainnya mengirimkan membungkus barang dengan jumlah dan kualitas yang berbeda untuk pedagang buah-buahan disusun diatas atau didepan yang baik tapi yang diambil dari yang sudah rusak dan sebagainya.

Contoh lainnya dalam menimbang, menakar, mengukur dengan alat atau cara yang tidak jujur baik makanan maupun barang sandang atau lainnya.

Contoh lainnya meminjam hutang untuk usaha tetapi lebih besar pasak dari tiang maka yang terjadi adalah gagal bayar hutang dan ujungnya ngemplang, akhirnya menjadi kebiasaan buruk meminjam tanpa mengembalikannya.

Apapun usahanya perilaku tidak jujur membahayakan diri kita sendiri, maka agar selamat dunia dan akhirat maka usahalah dengan jujur dan benar. Selamat berusaha berbisnis !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s