Kongres Zionis I tahun 1897

20121123-231150.jpg

SYARIAHRADIO Jakarta

Kongres Zionis I pada bulan Agustus tahun 1897 di Basel Swiss, hadir orang-orang penting kaum Yahudi dengan agenda untuk menyelesaikan tugas untuk mengembalikan tanah suci kaum Yahudi.

Kongres dipimpin oleh Theodor Hezl, tokoh dan pendiri Zionis sekaligus penulis buku Der Judenstat di tahun 1896.

Jauh sebelum kongres ini seorang konglomerat Yahudi Baron Edmond De Rostchild of Paris pada tahun 1882 sudah mulai mendukung pendanaan bagi pendirian Yahudi di Palestina. Sebagai catatan Palestina merupakan bagian wilayah dari Kesultanan Turki Ustmaniyah sejak tahun 1516.

Hasil dari kongres itu Theodor Hezl tidak pernah berhenti untuk minta ijin kepada Sultan Turki Ustmaniyah Sultan Abdul Hamid untuk membolehkan kaum Yahudi beremigrasi ke Palestina. Empat tahun dari kongres baru Hezl bisa berkunjung ke Sultan Turki Ustmaniyah untuk membicarakan misinya tersebut tepatnya tanggal 17 Mei 1901.

Pemerintah Inggris menawarkan kepada Hezl untuk menempati Uganda sebagai tanah air Yahudi dan Hezl memimpin rapat Zionis untuk membahasnya kemudian tawaran tersebut tidak langsung disetujui karena ingin melihat kecocokan wilayahnya dengan keinginan bangsa Yahudi apabila digunakan sebagai periode transisi.

Zionis pimpinan Hezl telah melakukan propaganda dan kampanye serta lobi kesana kemari untuk memperoleh tanah di Palestina, salah satu propagandanya adalah pembuatan film tahun 1921 dimana seolah olah Sultan Turki Ustmaniyah memberikan ijin kaum Yahudi untuk emigrasi ke Palestina, ijin dari Sultan itu tidak pernah terjadi, emigrasi Yahudi besar-besaran sebagai ideologi Zionis ketika Sultan Turki sudah dijatuhkan oleh Kemal Attaturk di bulan Maret 1924.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s