Sistem Rentenir Beredar di Masyarakat

SYARIAHRADIO Jakarta

Sepasang Suami Istri, sang suami bekerja sebagai kuli bangunan dan sang istri bekerja sebagai rukang cuci gosok terjerat dengan sebuah pinjaman yang melilit luar biasa, pinjaman kepada seseorang yang profesinya memang memberikan pinjaman dengan bunga luar biasa.

Nilai nominal tidak besar tetapi secara prosentase mencapai 400 persen dalam hitungan bunga pertahun, dalam kasus ini pinjam 1 juta rupiah dalam waktu 3 bulan harus dikembalikan 2 juta rupiah, gampangnya kita hitung kali 4 maka bunga pertahun 400%.

Seorang ibu mencoba usaha jahitan membeli mesin dengan uang pinjaman dari suatu Koperasi dengan nilai 10 juta rupiah untuk waktu 3 bulan harus mengembalikan 12,5 juta rupiah, tampak nilai bunganya tidak besar tetapi apabila bunganya pertahun maka sekitar 91%.

Usaha mikro memang bertahan kuat karena nilai nominalnya tidak raksasa tetapi prosentase bunga memang luar biasa jauh melampaui bunga bank maupun lembaga multi finance sekalipun.

Harus digalakan pendanaan untuk mikro secara prinsip syariah minimal akad bagi hasil sehingga tidak ada saling zalim menzalimi dengan tingkat bunga yang mencekik.

Kepada nasabah para usahawan usaha mikro carilah sumber pendanaan yang sesuai dengan syariah agar barokah dan jauh dari terzalimi agar selamat dunia akhirat selain itu berhitunglah dengan cermat dan lakukan manajemen usaha dan keuangan secara baik dan benar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s