Sistem pemungutan elektronik sukar dipercaya

JAKARTA.

Pemungutan suara secara langsung memilih Presiden atau wakil rakyat di Negeri manapun juga sistemnya dilakukan olah rakyat secara tertutup. Para pemilih tidak dapat melakukan konfirmasi suaranya karena tidak ada selembar atau secuil kertaspun sebagai bukti pilohan rakyat yang dibawa pulang. Begitu sakralnya pemilihan secara tertutup tersebut sehingga sangat rentan terhadap keyakinan hasilnya terjamin seratus persen.

Menjelang pemilihan Presiden Amerika Serikat yang tinggal satu hari lagi, rakyat Amerika akan memilih secara elektronik melalui electronic system vote, banyak yang mengkhawatirkan penggunaan sistem vote tersebut rentan terhadap manipulasi atau dapat di “hack” oleh siapapun juga.

Seperti juga pemilihan secara manual dimana pemilih tidak dapat bukti pilihannya, demikian pula system vote ini juga tidak mengeluarkan resi seperti layaknya kita masuk ke mesin ATM.

Sampai dengan saat ini tidak ada sistem pemilihan yang sempurna kecuali keyakinan dari para peserta pemilihan bahwa sistem dimanipulasi atau tidak yang biasanya berujung kepada gugatan seperti banyak terjadi di negeri kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s