Dana talangan utk daftar Haji akan marak

SYARIAHRADIO Jakarta,

Seiring dengan ketentuan baru yang diberlakukan tahun depan oleh Pemerintah untuk pendaftaran haji setoran awal BPIH minimal Rp30 juta, mengingat daftar antrian untuk berangkat ibadah haji semakin panjang rata-rata 5 tahun bahkan ada daerah yang sampai tunggu 10 tahun, maka dipastikan akan semakin banyak orang banyak untuk mendaftarkan berangkat ibadah haji walaupun setoran awal BPIH dinaikan sampai dengan Rp30 juta.

Sesuai dengan permintaan pasar maka semakin banyak orang yang mendaftar dan butuh dana setoran awal akan bermunculan produk-produk dana pinjaman atau dana talangan untuk BPIH yang dikeluarkan oleh Bank-bank.

Pastinya dana pinjaman itu ada biayanya tetapi dana yang mengendap pun mesti ada bagi hasilnya, maka sejatinya dana pinjaman BPIH itu adalah dana masyarakat yang dipinjamkan kepada para calon jamaah Haji melalui sistem perbankan dan biayanya untuk pengurusan di pihak Bank.

Apakah dimungkinkan kedepannya dibentuk tabungan haji, sekarangpun dana setoran awal BPIH yang terkumpul sebesar kurang lebih Rp44 trilyun dimana dana tersebut diinvestasikan diberbagai instrumen investasi mayoritas membeli Sukuk sebesar kurang lebih Rp40 trilyun. (IR)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s