Manajemen Waktu

Jakarta,

Waktu yang telah disediakan oleh Allah swt adalah 24 jam berputarnya siang dan malam, berapa sesungguhnya waktu yang diperlukan manusia untuk mengingat Allah swt, mari kita lihat mulai dari sholat lima waktu dalam satu hari.

Apabila waktu yang ditempuh dalam setiap kali melakukan sholat mulai dari berwudlu sampai dengan berdoa setelah selesai sholat dan sholat sunat itu memakan waktu 15 menit, maka total lima waktu adalah 75 menit, selanjutnya kita melakukan do’a-do’a dari mulai bangun tidur,  ketika akan berangkat kuliah atau kerja sampai dengan menjelang tidur, kira-kira total 5 menit. Maka total kita mengingat Allah swt dalam keseharian kita adalah kira-kira 80 menit.

Kemudian berapa waktu sesungguhnya kita melakukan perbuatan amal sholeh dalam satu hari.

Misalkan memberi salam “assalamu’alaykum warahmatullah wabarokatuh” kepada setiap muslim yg kita jumpai dari pagi sampai sore kira-kira total 5 menit, kemudian apabila kita memberi tausiah maupun membagi ilmu kira-kira total 25 menit, kemudian menelepon orang tua kira-kira 5 menit, menelopon saudara atau istri/suami kira-kira 5 menit. Maka total amal sholeh dalam sehari adalah 40 menit.

Maka total waktu yang dikonsumsi adalah 120 menit atau 2 jam. Apabila waktu kita terjaga adalah 16 jam maka hanya 12,5% waktu yg kita lakukan untuk kewajiban beribadah dan amal shalih.

Maka bagaimana upaya kita meningkatkan tidak hanya 12,5% per hari waktu kita untuk mengingat Allah swt dan kebaikan, maka lebih baik dari hari ke hari kualitas pemanfaatan waktu meningkat, coba kita targetkan dalam bulan pertama menjadi minimal 30% dari total waktu melek kita gunakan untuk melakukan perbuatan amal sholeh. Target besarnya adalah 90%.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s