Ekonomi dan Kejujuran

Jakarta.

Tumbuhnya perekonomian seyogyanya meningkatnya taraf hidup tetapi meningkatnya taraf hidup apabila tidak diiringi dengan keseimbangan ketersediaan barang dan jasa akan mengakibatkan terjadinya distorsi sehingga akan kembali kepada ketidak produktifan dan berujung kepada kerontokan ekonomi.

Terjadinya perputaran ekonomi karena kebutuhan manusia yang berbeda beda menimbulkan keseimbangan yang harus diatur oleh Pemerintah sehingga terjadi distribusi ekonomi secara merata.

Ekonomi yang keluar dari kejujuran berawal dari segala upaya yang keluar dari ketentuan Syariah tatkala bagaimana meningkatkan pangsa pasar dengan melakukan pelanggaran terhadap hak hak orang lain, bagaimana meningkatkan keuntungan dengan melakukan pembelokan dari fakta barang dan jasa yang ditransaksikan. Selain itu melakukan kegiatan ekonomi untuk barang dan jasa yang haram baik secara sembunyi-sembunyi maupun secara terang-terangan.

Sering kita dengar dari kegiatan ekonomi besar sampai kegiatan ekonomi kecil ada saja pelanggaran yang dilakukan. Kegiatan ekonomi besar ketika suap menyuap untuk mendapatkan tender dan hubungan dengan wakil rakyat dan Pemerintah sungguh kegiatan yang jauh dari kejujuran dan sangat merusak tatanan kehidupan. Kegiatan ekonomi kecil ketika bahan makanan tidak halal bahkan dapat meracuni orang beredar di masyarakat.

Ekonomi yang tidak jujur dapat mengakitbatkan dampak sampingan yaitu terjadinya perbuatan kriminal mulai dari korupsi dengan melakukan mark up selanjutnya pencucian uang dengan maksud uang hasil kejahatan menjadi bersih seolah-olah uang diperoleh dari hasil ekonomi yang jujur.

Ekonomi syariah mengajarkan kepada kita kejujuran dalam melakukan kegiatan ekonomi yang berujung kepada kesejahteraan masyarakat dalam tatanan yang apik terstruktur dan berujung kepada masyarakat madani.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s